Saturday, February 13, 2016

macam-macam balai yasa yang ada di indonesia.

Balai yasa


Tampak depan Balai Yasa Pengok.
Balai yasa (disingkat: BY) adalah istilah dalam perkeretaapian Indonesia yang merujuk pada tempat yang digunakan untuk perawatan besar sarana perkeretaapian yang dimiliki oleh operator. Nama balai yasa sendiri termuat dalam UU No. 23 Tahun 2007 pasal 114 ayat (5) yang menerangkan bahwa perawatan dapat dilakukan di depot lokomotif maupun balai yasa.
Istilah balai yasa diperkenalkan pertama kali pada tahun 1959 untuk Balai Yasa Yogyakarta.
Balai yasa merupakan tempat untuk melakukan semiperawatan akhir (SPA) dua tahunan, pemeliharaan akhir (PA) empat tahunan, serta perbaikan dan modifikasi sarana perkeretaapian. Berbeda dengan depot lokomotif yang perawatannya dapat dilakukan harian, selama enam bulanan, ataupun selama satu tahunan. Balai yasa tidak berada di bawah daerah operasi (Daop), tetapi langsung berada di bawah kantor pusat PT Kereta Api Indonesia dan berbentuk unit pelaksana teknis (UPT).

Daftar isi

Balai-balai yasa di Jawa

Nama balai yasa Singkatan Daerah operasi Sarana yang dirawat
Manggarai MRI Daop 1 Jakarta Kereta api penumpang eksekutif, bisnis, ekonomi, KRL, dan KRD
Kiaracondong KAC Daop 2 Bandung Jembatan kereta api
Tegal TG Daop 4 Semarang Kereta dan gerbong
Yogyakarta (Pengok) YK Daop 6 Jogja Lokomotif diesel, KRD, kereta penumpang (hanya kereta pembangkit (P) dan kereta makan pembangkit kelas bisnis/ekonomi (KMP2/MP2/MP3/KMP3)
Surabaya Gubeng SGU Daop 8 Surabaya Kereta dan gerbong
Tak beroperasi sebagai balai yasa
Nama balai yasa Singkatan Daerah operasi Status
Purworejo[2] PWR Daop 5 Purwokerto Seluruh sarananya dipindah ke Balai Yasa Lahat, dan diubah menjadi markas TNI-AD Purworejo
Madiun MN Daop 7 Madiun Berubah menjadi PT Industri Kereta Api Madiun

Balai Yasa Manggarai


Suasana Balai Yasa Manggarai pada masa kolonial Belanda.
Balai Yasa Manggarai merupakan balai yasa yang khusus diperuntukkan bagi perawatan kereta api bisnis, eksekutif, dan ekonomi milik Daop I sampai dengan Daop VI serta KA Commuter Jabodetabek. Dulu balai yasa ini dibangun oleh Staatsspoorwegen tahun 1920 dengan nama Hoofd-Werkplatsen te Manggarai. Di sini semua kereta eksekutif dan KRL yang dirawat mengalami pemeliharaan akhir (PA), semiperawatan akhir (SPA), PA bogie, perbaikan akhir lengkap (PAL), dan perbaikan (PB).
Pada balai yasa seluas 2.000 × 500 meter ini, setiap harinya masuk kereta-kereta api eksekutif dan KRL di balai yasa ini. Pengerjaannya dilakukan oleh sekitar enam ratus pekerja setiap harinya, serta menelan biaya Rp60-150 juta untuk sekali perawatan. Perawatan kereta di balai yasa ini dimulai dari pengecekan bodi dan bogie (dilakukan terpisah), perbaikan, pengukuran kesetimbangan, uji coba, kemudian keluar pemeliharaan. Uji coba dilakukan di rute Manggarai-Karawang, serta apabila berhasil, kereta itu boleh keluar.
Di balai yasa ini terdapat pula kebun untuk merucat kereta dan KRL yang sudah tidak siap guna operasi (TSGO) lagi. Termasuk di antaranya gerbong Tragedi Bintaro yang diyakini angker.

Balai Yasa Kiaracondong

Balai Yasa Kiaracondong merupakan balai yasa yang khusus digunakan untuk perbaikan jembatan, meliputi pengadaan suku cadang untuk jembatan-jembatan kereta api yang masih aktif, perbaikan rangka jembatan, pembuatan jembatan baru, dan pemeliharaan rutin.

Balai Yasa Tegal

Balai Yasa Tegal merupakan balai yasa yang digunakan khusus untuk perbaikan kereta dan gerbong. Balai yasa ini sudah mendapat sertifikat ISO 9001:2008 pada tahun 2010.
Balai yasa ini melayani kereta kelas bisnis dan ekonomi, termasuk kereta makan (KM), kereta pembangkit (P), dan kereta makan pembangkit (KMP/MP) dari Daop III, IV, V, dan VI. Balai yasa ini tidak melayani kereta kelas eksekutif.

Balai Yasa Yogyakarta


Rumah dinas dan mess Balai Yasa Yogyakarta, Langensari, pada masa kolonial Belanda.

Los-los di Balai Yasa Yogyakarta, pada masa kolonial Belanda.

Kantor Balai Yasa Yogyakarta, pada masa kolonial Belanda.
Lebih dikenal dengan sebutan Balai Yasa Pengok (berdasarkan kampung tempat balai yasa itu berada), balai yasa ini menjadi balai yasa terbesar di Indonesia. Balai yasa ini khusus digunakan untuk perbaikan dan perawatan lokomotif diesel elektrik maupun hidraulik. Seluruh lokomotif KAI mengalami perawatan dan pemeliharaan akhir (PA) maupun semiperawatan akhir (SPA) di balai yasa ini. Balai Yasa Yogyakarta sudah mendapat sertifikat ISO 9001:2008 dan bakal bekerja sama dengan General Electric dalam proses perakitan dan pembuatan lokomotif diesel di Asia Tenggara.
Balai Yasa Yogyakarta dibangun mulai tahun 1914 oleh Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij (NIS) dengan nama Centraal Werkplaats. Setelah diambil alih oleh Djawatan Kereta Api, Centraal Werkplaats ini diubah namanya menjadi "Balai Karya", dan kini menjadi "Balai Yasa".
Kegiatan semiperawatan akhir (SPA) untuk lokomotif diesel elektrik di Balai Yasa Yogyakarta dilaksanakan apabila lokomotif telah berdinas selama 2 tahun setelah dilakukan pemeliharaan akhir sebelumnya atau sudah menempuh jarak 325.000 km. Sementara itu, kegiatan pemeliharaan akhir (PA) lokomotif diesel elektrik dilaksanakan apabila lokomotif telah berdinas selama 4 tahun setelah pemeliharaan akhir sebelumnya atau sudah menempuh jarak 650.000 km. Untuk lokomotif diesel hidraulik, SPA dilakukan apabila sudah berdinas selama 12.000 jam dinas (sekitar 500 hari), sedangkan PA dilakukan apabila sudah berdinas selama 24.000 jam dinas (sekitar 1.000 hari).
Kampung yang berhubungan dengan Perkeretaapian di sekitar Balai Yasa
Di belakang balai yasa ini, terdapat kampung permukiman penduduk yang tersebar merata di Jalan Mutiara. Kampung ini diberi nama Pengok yang berasal dari frasa bahasa Jawa mempeng mbengok. Namun versi lain menyebutkan bahwa Pengok berasal dari bunyi suling lokomotif uap saat itu, "Ngook! ngook!", sehingga kampung itu diberi nama Pengok. Selain itu, terdapat pula kampung yang erat hubungannya dengan Perkeretaapian, yakni Klitren, yang tidak jauh dari Pengok. Istilah klitren berasal dari bahasa Belanda koelitrein atau porter kereta api. Aset-aset di kampung itu sebagian besar masih dikuasai oleh PT KAI, dan disewakan untuk warga yang tinggal di situ.

Balai Yasa Surabaya Gubeng

Balai Yasa Surabaya Gubeng khusus diperuntukkan bagi kereta penumpang kelas eksekutif, bisnis, dan ekonomi yang dialokasikan di dipo kereta di seluruh Jawa Timur (Daop VII, VIII, dan IX). Dibangun pada tahun 1912 oleh Staatsspoorwegen, balai yasa ini mulanya untuk perawatan lokomotif uap, trem listrik Surabaya, dan gerbong kayu. Letaknya tidak jauh dari Stasiun Surabaya Gubeng.[9]

Balai-balai yasa di Sumatera

Nama balai yasa Singkatan Daerah operasi Sarana yang dirawat
Pulu Brayan PUB Divre I Sumatera Utara dan Aceh Semua (lokomotif dan kereta)
Padang (Simpang Haru) PD Divre II Sumatera Barat
Lahat LT Divre III Sumatera Selatan dan Lampung

Balai Yasa Pulu Brayan

Balai Yasa Pulu Brayan merupakan satu-satunya balai yasa di Sumatera Utara. Dahulu merupakan bengkel milik Deli Spoorweg Maatschappij (DSM) yang beroperasi di Sumatera Utara. Balai yasa ini digunakan untuk perbaikan semua sarana perkeretaapian yang dialokasikan di Divisi Regional I Sumatera Utara dan Aceh. Letaknya satu kompleks dengan Stasiun Pulu Brayan.[butuh rujukan]

Balai Yasa Padang

Balai Yasa Padang merupakan satu-satunya balai yasa di Kota Padang, Sumatera Barat. Kini balai yasa tersebut digunakan untuk memperbaiki semua sarana perkeretaapian di Divisi Regional II Sumatera Barat, termasuk lokomotif diesel elektrik dan hidraulik, gerbong ketel semen curah, dan kereta penumpang.

Balai Yasa Lahat

Balai yasa ini terletak satu kompleks dengan Stasiun Lahat dan digunakan untuk memperbaiki semua sarana perkeretaapian yang dialokasikan di Divisi Regional III Sumatera Selatan dan Lampung.

Pada budaya populer

  • Istilah balai yasa diangkat menjadi istilah untuk menyebut situs penyedia add-on prasarana dan sarana perkeretaapian Indonesia untuk permainan simulator kereta api tiga dimensi, Trainz.

No comments:

Post a Comment