Rel paksa atau juga dikenal sebagai rel gongsol adalah rel tambahan yang dipasang pada lintasan rel
dengan tikungan yang tajam dan memiliki jari-jari (radius) lengkung
yang kecil (kurang dari 250 meter). Rel gongsol berfungsi untuk menjaga
agar roda kereta api tidak selip dan untuk mengurangi tingkat keausan rel luar yang disebabkan oleh gaya sentrifugal saat kereta api
berjalan melalui lengkung rel. Saat kereta api melintasi lengkung rel
yang dilengkapi rel gongsol, roda kereta akan bergesekan dengan rel
gongsol dan mengeluarkan suara yang khas.
Di Indonesia, rel gongsol banyak ditemui di lintasan berkontur pegunungan seperti Daerah Operasi II Bandung
yang memiliki banyak tikungan tajam dan tanjakan yang terjal. Selain
itu, rel gongsol juga dapat ditemui di lintasan datar yang memiliki
jari-jari lengkung yang sangat kecil seperti di balloon loop di Dipo Lokomotif Sidotopo dan segitiga pembalik di dekat Stasiun Banyuwangi Bar
No comments:
Post a Comment